Direktorat GTK Madrasah Lepas Keberangkatan Alumni Madrasah ke IKIM Malaysia

, ,

Jakarta – Direktorat GTK Madrasah melepas alumni madrasah yang akan mengenyam pendidikan vokasi di Institut Kemahiran Industri Melaka  (IKIM) Malaysia selama satu tahun.

Rombongan yang berjumlah 12 orang, terdiri dari 10 peserta, 1 orang tua dan 1 pendamping dari Tazakka Foundation  diterima langsung oleh Direktur GTK Madrasah di ruangannya di Jakarta. Hari ini, Rabu (15/8).

Direktur GTK Madrasah, Suyitno mengatakan ini merupakan langkah awal dari tindak lanjut kerjasama yang sudah terjalin dengan IKIM pada bulan mei yang lalu. Baca juga: https://kemenag.go.id/berita/read/507814

“Ini tindak lanjut kunjungan ke IKIM, kelebihannya bisa lingmatch dengan perusahan/industri langsung.  harapanya ke depan kita bisa mengirimkan guru-guru kita.” Kata Suyitno.

Ia juga menambahkan bahwa sertifikat profesi yang dikeluarkan oleh IKIM diakui tangkat ASEAN. Sehingga meningkatkan daya saing di era Masyarakat Ekonomi Asean sekarang ini.

Ketua Tazakka Fundation, Khozin yang ikut bersama rombongan mengatakan bahwa program ini untuk memfasilitasi anak didik dalam menghadapi persaingan global. Sehingga IKIM Malaysia dipilih karena ada pengalaman langsung di dunia industri.

“Ada sentuhan vokasinya. Anak kita sudah mulai punya wawasan global. MEA sekarang.” Kata Khozin sesaat setelah pertemuan dengan jajaran Direktorat GTK Madrasah.

Khozin menambahkan peserta berasal dari berberapa daerah yaitu Aceh, Jakarta, Brebes dan Samarinda. Ia juga berharap melalui program ini menghasilkan generasi yang gemilang.

“Mereka akan menjadi generasi yang punya kompetensi yang cukup, karena kita ingin madrasah tidak hanya menguasai agama tapi juga teknologi.” Jelas Khozin.

Salah satu peserta asal Samarinda Irfan Rifqiawan mengatakan alasan mengikuti program ini agar mengetahui lebih dalam dunia industri. “Menjadi lebih baik, pengen mendalami dunia industri.” Kata Irfan.

Hadir juga dalam pertemuan ini Kasubdit Bina GTK RA, Siti Sakdiyah, Kasubdit Bina GTK MI/MTs, Kidup Supriyadi, Kasi Bina Guru MI/MTs, Mustofa Fahmi, Kasi Bina Tendik MI/MTs, Sahrul Shobirin dan Kasubbag Tata Usaha, Sidik Sisdiyanto.