Kanwil Kemenag Aceh Terapkan Aplikasi UKG Berbasis Android

,

Banda Aceh – Kanwil Kemenag Provinsi Aceh melalukan pemeteaan kompetensi guru melalui penerapan Uji Kompetensi Guru (UKG) lewat aplikasi berbasis android.

Hal ini disampaikan oleh Zulkifli selaku Kasi Pendidikan Madrasah Provinsi Aceh pada saat melakukan sosialisasi penerapan UKG berbasis aplikasi android di MAN 3 Kota Banda Aceh. Kamis, (18/10/2018).

“Kami mencoba setiap tahun itu ada inovasi, yg tujuannya adalah adanya perubahan bagi pendidik dan tenaga kependidikan. Untuk tahun ini kami mulai UKG berbasis aplikasi dan akan diterapkan secara menyeluruh tahun 2019.” Kata Zulkifli.

Menurut Zul, penggunaan UKG berbasis aplikasi memudahkan pemetaan dan pendataan guru untuk menunjang RPJMDaerah Provinsi Aceh.

“Kita jadi lebih, mana guru yang kualifikasinya A, B, C. Siapa guru yang memang membutuhkan diklat, atau program lain. Intinya programnya akan lebih tepat sasaran”. Ujar Zul.

Bulqiyah selaku pengelola aplikasi mengatakan bahwa pengguaan aplikasi UKG bukan untuk menghukum guru. Ia menganalogikan UKG ini sebagai cermin agar bisa menilai kompetensi diri.

“Rencananya UKG ini dilakukan 6 bulan sekali, dan ketika sudah mengerjakan soal, seketika pula diketahui nilainya.” kata Bulqiyah.

Ke depan, Zulkifli juga mengajakan akan mengembangkan sistem olimpiade terintegrasi yang diperuntukan bagi guru madrasah. Hasil dari olimpiade terintegrasi ini bisa digunakan sebagai acuan penunjukan pendamping tim olimiade yang akan dikirim ke Kompetisi Sains Madrasah. (ASR)