MGMP Kota Sabang Aktif Lakukan Pembinaan

,

Sabang – Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru guru Madrasah di wilayah kerja kota Sabang, sejumlah guru yang tergabung dalam kelompok MGMP mengadakan workshop peningkatan kompetensi guru madrasah dan kepala madrasah dalam hal Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan penilaian kinerja Berkelanjutan (PKB) peserta terdiri dari guru guru madrasah dan kepala madrasah bertempat di Komplek Aula Madrasah terpadu (Madu) Sabang  dengan jumlah peserta 60 orang. Sabtu (20/10/2018)

Acara ini dibuka oleh Kabid Pendidikan madrasah kanwil Kemenag Aceh, Muntasyir yang didampingi oleh Kasi Pendidikan madrasah Provinsi Aceh, Zulkifli dan Kasi Pendidikan Madrasah kota Sabang Munawar.

Dalam sambutannya, Muntasyir menyampaikan tiga hal:

  1. Guru Madrasah adalah tumpuan masyarakat melenial yang harus siap dalam mendidik dan membimbing baik di dalam maupun diluar madrasah.
  2. Guru adalah tenaga pendidik Profesional yang mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi sebagaimana amanat undang-undang no. 14 thn 2005 Tentang guru dan dosen.
  3. Kita memiliki moto baru yaitu: ” Guru Hebat, Madrasah Hebat dan Bermartabat”.

Menyikapi perkembangan generasi millennial, Muntasyir juga menekankan agar guru memiliki literasi digital yang baik dan mampu mengimbangi perkembangan anak didik.

“anak-anak sudah melek digital, guru juga harus menguasai digital” Kata  Muntasyir.

Ia juga mengutip lima kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru berdasarkan pada deklarasi PBB, yaitu memiliki keterampilan literasi, kritis, memecahkan masalah dengan cepat, mampu berkomunikasi dengan baik dan melakukan kerjasama.

Kasi Pendidikan Madrasah, Zulkifli juga menyampaikan pada peserta bahwa ada empat komponen dalam penilaian kinerja guru yaitu Kepala Madarasah, Siswa, Wali siswa, dan sesama guru. Serta mempertimbangkan pula absesnsi kehadiran.

“Berarti penilaian kinerja guru betul betul komprehensif. Oleh sebab itu kepada kita semua bekerjalah dengan ikhlas dan penuh semangat. Insyaallah guru guru madrasah pasti hebat” kata Zulkifli yang langsung disambut tepuk tangan oleh para peserta.

Salah satu peserta Hasbi, dalam penyampaian pesan dan kesan mengakui sangat senang dengan kegiatan ini karena dapat menambah wawasan baru ilmu pengetahuan baru sehingga akan mengusulkan kembali pangkatnya yang sudah lama terhenti.