Direktur GTK Madrasah : Rajut Sillaturrahim Tebar Kedamaian

Jakarta – Direktur GTK Madrasah, Suyitno menyampaikan khutbah Idulfitri di lapangan monas Jakarta Pusat. (5/6/2019)

Tema utama khutbah yang disampaikan merajut sillaturrahim dan menebar kedamaian.

“Pada momen suci idulfitri ini, mari kita kembali merajut silaturrahim sesama anak bangsa terlebih setelah melewati proses pesta demokrasi”. Kata Suyitno.

Suyitno mengingatkan Rekonsiliasi dan persatuan Indonesia harus menjadi refleksi dan kesadaran bersama untuk membangun Indonesia ke depan.

Lebih lanjut, guru besar UIN Palembang ini menekankan untuk bersama menebar kedamaian dari semua lapisan masyarakat tanpa terkecuali.

Mengutip hadits yang mengatakan muslim sejati ialah orang yang memberi kelamatan dari bahaya lisan dan perbuatannya.

“Media sosial sekarang ini sering berisi ujaran kebencian, fitnah, hoax yang jelas bukanlah cerimanan dari prilaku muslim sejati”. Jelas Suyitno

Agama Islam identik dengan pesan kedamaian. Suyitno mencontohkan bagaimana Nabi Muhammad membangun peradaban di Madinah yang multi etnis dan kepercayaan bisa hidup berdampingan.

Dikutip dari pernyataan Quraisy Syihab yang mendefinisikan islam memiliki benang merah pada kata menyerahkan diri kepada Allah. Sikap ini akan menghadirkan kedamaian. Dan kedamaian bersumber dari hati yang damai.

“Kedamaian dambaan bagi semua umat manusia, agama Islam itu jelas mengajarkan kedamaian”

“Kitab suci al qur’an mengajarkan toleransi dan perdamaian, jika ada ekstremis yang mengaku berpijak pada al qur’an kita yakini bahwa kepahaman dan tafsirnya terhadap al qur’an pasti keliru.” Lanjut Suyitno.

Khutbah Idulfitri disampaikan dihadapan jamaah yang terdiri dari anggota Brimob Kepolisian se Indonesia.