Sibuk Jalankan Ibadah Haji, Direktur GTK Madrasah Sempatkan Jenguk Guru Madrasah di Tanah Suci

Makkah – Di tengah kesibukan menjalankan rangkaian ibadah haji, Direktur GTK Madrasah, Suyitno menyempatkan diri menjenguk salah satu guru MTsN Tunggangri Kabupaten Tulungagung yang bernama Kambali. Di salah satu pemondokan di Makkah (31/7/19).

Kejadian ini terekam disaat Suyitno beserta istri sedang menjalankan ibadah haji mendengar kabar salah satu guru madrasah yang sedang menjalankan ibadah haji jatuh sakit.

“Kita do’akan semoga pak Kambali sehat dan bisa menjalankan rangkaian ibadah haji dengan lancar dan menjadi haji mabrur”. Kata Suyitno

Ia juga menambahkan pelayanan yang diberikan petugas haji semakin baik dan responsif terhadap kondisi yang dialami oleh jamaah.

“Respon yang diberikan petugas haji Kementerian Agama bagus dan dibutuhkan oleh jamaah terlebih haji tahun ini kondisinya cukup panas dan usia jamaah banyak yang sudah sepuh” tambah Suyitno.

Merujuk pada Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama per Selasa, 30 Juli 2019 pukul 19.00 waktu Arab Saudi, sebanyak 170.430 jemaah haji Indonesia telah tiba di Kota Makkah.

“Sebanyak 9.264 orang di antaranya merupakan kelompok lanjut usia (lansia). Mereka adalah jemaah yang berusia 75 tahun ke atas,” jelas Kepala Seksi Data dan Informasi Daker Makkah Nurhanuddin, Selasa (30/07).

Nurhan menuturkan, saat ini masih tersisa 106 kloter lagi yang belum tiba di Makkah.

Sementara, Kepala Seksi Kesehatan Daker Makkah Imran mengatakan hingga saat ini terdapat 195 jemaah yang harus dirawat inap di Kota Makkah. Masing-masing sebanyak  87 jemaah dirawat di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah, dan 108 jemaah dirawat di RSAS Makkah.

Asr