Direktur GTK Madrasah Sampaikan Pesan Ukhuwah dari Arafah

 

Makkah – Tepat pada tanggal 9 Dzulhijjah 1440 H rombongan jamaah haji menjalankan ritual wukuf di Arafah.

Pada kesempatan ini, Direktur GTK Madrasah, Suyitno menyampaikan khutbah dihadapan para jamaah. Isi khutbah yang disampaikan terkait dengan penguatan ukhwuah.

“Ukhuwah atau persaudaraan membawa kedamaian harmoni dalam kehidupan sosial ke masyarakatan” Kata Suyitno.

Ia menjelaskan ukhuwah dibagi menjadi tiga, yaitu ukhuwah islamiyah (persaudaraan sesama umat Islam), ukhuwah wathoniyah (persaudaraan sebangsa dan se tanah air), ukhuwah basyariyah (persaudaraan sesama manusia).

“Ukhuwah Islamiyah seharusnya mendorong umat Islam bersaudara walau berbeda pandangan, tidak mudah menyalahkan. Karena sejatinya bersaudara tidak mesti sama tapi persaudaraan untuk saling menguatkan” jelas guru besar UIN Palembang.

Lebih lanjut, Suyitno memberi contoh sederhana ukhuwah wathaniyah dalam hal olahraga, memberi support terhadap atlit yang sedang bertanding tanpa memandang suku, agama dan ras.

Sedangkan ukhuwah basyariah persaudaraan universal sesama manusia. Prinsip ini dilandasi fakta bahwa manusia berasal dari keturunan yang sama yaitu Adam dan Hawa.

Untuk menguatkan ukhuwah basyariah, Suyitno mengutip dari perkataan Ali bin Abi Thalib yang berbunyi “dia yang bukan saudaramu dalam iman adalah saudara dalam kemanusiaan.”