Guru Cerminan Prestasi Siswa

Bogor – Syair Alaalaa Tanalul Ilma yang akrab dibaca saat masa kecil dulu mengajarkan syarat memperoleh ilmu pengetahuan ada 6. Dua diantaranya adalah hirshun (semangat) dan Irsyadul Ustadz (petunjuk dari guru). Hasil riset menunjukan ada keterkaitan antara karakteristik dan pembawaan guru terhadap hasil belajar siswa.

Menurut Dekan FITK UIN Malang, Agus Maimun mengatakan guru yang baik dan disiplin berpengaruh siswa setidaknya dalam 5 aspek, antara lain :

  1. 68% berpengaruh pada tingkat motivasi siswa dalam belajar
  2. 73% berpengaruh pada nilai kreativitas siswa
  3. 81% meningkatkan rasa percaya diri siswa
  4. 84% berpengaruh pada peningkatan harga diri siswa
  5. 98% berpengaruh pada peningkatan kecakapan hidup siswa.

“Kalau gurunya disiplin dan baik biasanya siswanya juga akan lebih percaya diri, kreatif dan semangat belajarnya juga tinggi” Kata Agus.

Menurut Agus, definisi pendidikan bisa diartikan dengan sederhana yaitu pendidikan sebagai media perubahan, pendidikan sebagai cerminan masa depan bangsa dan pendidikan sebagai identitas harga diri bangsa.

“Pendidikan memegang peran penting dalam realisasi program Indonesia Emas 2045 atau 100 tahun Indonesia merdeka” tambahnya.

Oleh karena itu, program dan anggaran yang disusun oleh pemerintah harus memerhatikan target prioritas dan berorientasi pada peningkatan mutu pendidikan. Hal ini disampaikan pada acara Pembuatan Pagu Anggaran 2020 Direktorat GTK Madrasah di Bogor, 23-25 September 2019.  (ASR)