Sambut Hari Guru Nasional, GTK Madrasah Gelar Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Guru Madrasah

 

Jakarta (GTK)–Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah menggelar Lomba Karya Inovasi Pembelajaran 2019 bagi guru madrasah. Lomba individual ini dapat diikuti oleh guru PNS atau guru bukan PNS pada madrasah negeri atau swasta jenjang Raudlatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah/Madrasah Aliyah Kejuruan (MA/MAK).

Direktur GTK Madrasah, Suyitno mengatakan bahwa lomba karya inovasi pembelajaran merupakan salah satu rangkaian dalam menyambut Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2019 yang bertepatan tanggal 25 November. Selain itu, lomba tersebut sebagai upaya meningkatkan motivasi dan inovasi guru dalam pembelajaran. “Sehingga diharapkan dapat menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, serta berhasil mengembangkan berbagai model pembelajaran yang bermutu.” jelas Suyitno, di Jakarta, Senin (8/10).

Menurut Guru Besar UIN Raden Fatah Palembang, lomba tersebut dipandang penting dan diperlukan karena hal tersebut akan memacu guru-guru madrasah untuk meningkatkan kreativitas, kompetisi, dan prestasi. Pada gilirannya berdampak pada kualitas proses dan hasil belajar siswa.

Lomba karya inovasi pembelajaran ini dibagi dalam 3 ruang lingkup bidang yaitu Pendidikan Agama Islam-Bahasa Arab, Matematika-IPA, dan Sosial-Humaniora. Produk dalam lomba ini dapat berupa 1) Video Pembelajaran di Kelas; atau 2) Media Pembelajaran. Total penghargaan yang diperebutkan senilai 58 juta rupiah.

Ketentuan lomba dapat dilihat di https://gtkmadrasah.kemenag.go.id/download/lomba-inovasi-pembelajaran-guru-madrasah/

-Mtr