Guru Motivator Terbaik

Di era Modern seperti ini, di mana-mana sudah dikelilingi gadgets (smartphone), semua hal kini bisa didapatkan dengan mudah karna semua hal berbasis online, belanja online, mau makan online, bahkan belajar online. sempat muncul kekhawatiran bahwa peran guru akan tergantikan oleh aplikasi belajar berbasis online. Akan tetapi menurut hemar saya, posisi seorang guru tidak akan pernah bisa tergantikan oleh apapun.

Kenapa saya berfikir demikian, karna gadgets hanyalah alat, dalam hal ini objek, sedangkan Guru adalah subjek dalam hal ini adalah Panutan, beberapa hal bisa didapatkan dari mbah google, akan tetapi banyak hal tidak akan didapatkan di media online/ internet karna peran guru begitu vital dan tak tergantikan dalam pembentukan karakter seorang siswa. Untuk mengatasinya saya berusaha memanfaatkan media online dengan baik.

Guru Adalah Madrasah terbaik bagi murid, orang tua kedua bagi sang murid. Sumber dari segala pengetahuan yang dibutuhkan sang murid. Menurut saya, seorang guru yang spesial itu harus memiliki 3 ciri yaitu :

  1. Menjadi teladan bagi murid; Guru digugu dan ditiru (dilihat dan ditiru), guru harus menjadi teladan atau contoh terbaik bagi sang murid, belajar tentang semangat, keikhlasan dan kesabaran serta baik dalam bertutur kata.
  2. Menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan murid; Seyogyanyalah guru bisa sebagai tempat berbagi teman sharing terbaik bagi sang anak, bisa memecahkan masalah sang anak serta bisa menjadi partner terbaik sang anak dalam merencanakan masa depannya, karna sang anak menghabiskan hari-harinya dari pagi ke sore dengan gurunya,
  3. Bisa memotivasi anak-anak. Ada beberapa anak Yang butuh perhatian khusus agar ia lebih semangat belajar, menjadi orang sukses yang bisa membahagiakan orang tuanya. Bukan berarti tidak adil, adil yang saya maksud adalah bisa menempatkan sesuatu pada tempatnya, artinya perlakuan setiap anak jelas berbeda, antara yang orang tuanya mampu secara ekonomi dan tidak mampu secara ekonomi, yah semua anak harus dididik yakin bisa sukses jika mau berusaha, dan sukses adalah milik semua orang yang berusaha.

Jika ketiga aspek diatas ada pada sang guru, insyaallah kualitas murid, kualitas pendidikan bangsa ini akan semakin baik dan lebih baik lagi. Saya berusaha selalu menanamkan nilai nilai motivasi atau semangat bagi sang anak, menyadarkan mereka bahwa tidak ada orang yang bodoh didunia ini, yang ada hanyalah orang malas, otak kita seperti pisau jika sering diasah akan semakin tajam dan jika tak diasah/pakai maka ia akan tumpul.

Hal ini sudah saya praktekkan di MTsN 1 Tanjung Jabung Barat, dan banyak siswa-siswi menjadi lebih bersemangat belajar dan mereka menyebut saya sebagai “Motivator terbaik Mereka”.

Sampai jumpa di artikel saya selanjutnya tentang membentuk kharakter siswa