Visiting Teacher Guru 3T di Bangkalan : Guru Harus Terus Berinovasi

Bangkalan (Pendis)  Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan mengadakan kegiatan Visiting Teacher Guru Madrasah di Bangkalan Madura, 3-5 Desember 2019.

Direktur GTK Madrasah, Suyitno menyampaikan bahwa guru madrasah tidak boleh berhenti berinovasi melihat perubahan yang begitu cepat terjadi seiring perkembangan teknologi.

“Perkuat dalam melakukan inovasi pembelajaran, sudah saatnya move dari pola lama yang kurang efektif,” ujar Suyitno di Bangkalan, Rabu (4/12).

Salah satu narasumber, Darmadi seorang guru madrasah yang telah memiliki karya buku mencapai ratusan buku. Ia bercerita kisah perjuangannya di Lampung dengan kondisi yang cukup memprihatinkan hingga akhirnya madrasah binaanya menjadi sukses dan maju.

Dikatakan Darmadi, ada lima kunci sukses yang ia sampaikan dalam membangun madrasah; pertama adalah keyakinan kuat. Kedua, berbuat tanpa pamrih. Ketiga adalah merangkul semua masyarakat sekitar madrasah. Keempat, jangan mengharap belas kasihan. Selanjutnya, bahwa kekuasaan atau jabatan jangan dimasukan ke hati cukup sampai tangan.

“Kembangkan budaya literasi, perbanyak buku bacaan termasuk memberi kesempatan bagi siswa untuk banyak membaca buku. Kalau sering baca insyaallah menulis menjadi mudah” sebut Darmadi agar produktif menulis.

Pembekalan inovasi pembelajaran diisi oleh Abdul Malik MSN dengan memberikan teknik pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi.

Acara pembinaan ini diikuti oleh 65 peserta yang terdiri dari pengawas, kepala dan guru madrasah di sekitar Bangkalan. (Asr)

sumber : pendis.kemenag.go.id