Berita Terbaru|

Bogor (Pendis) — Kementerian Agama terus melakukan akselerasi transformasi layanan di era teknologi digital, termasuk di madrasah. Hal itu antara lain dilakukan dengan memberikan kemudahan kepada guru dan tenaga kependidikan dalam mengakses pembelajaran digital dan beragam informasi yang dibutuhkan.

Upaya ini diwujudkan dengan merilis “Towards Digital Literacy”. Yaitu, platform yang memberikan kemudahan para guru dan tenaga kependidikan dalam proses pembelajaran dan pendidikan madrasah berbasis digital.

“Semua aplikasi yang selama ini ada di madrasah, yaitu SIMPATIKA, E-PAK, E-learning, SPACE. SPACE,  AKGTK, SiCAKAP, PeKiK Madrasah, SiAP, SIGAP, SIM PKB, GTK BERBAGI, dan Madrasah Land dapat diakses melalui platform ini,” ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenag RI, Nizar Ali saat melaunching ”Towards Digital Literacy” pada pembukaan Rapat Kerja Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah di Bogor, Selasa (15/3/2022).

Nizar berharap platform ini dapat mendorong para guru dan tenaga kependidikan terus meningkatkan kualifikasi dan kompetensinya terutama dalam penguasaan teknologi digital. Sebab, hal itu juga menjadi salah satu indikator kompetensi profesional guru. Apalagi, peserta didik masa kini juga sangat friendly dalam dunia teknologi digital.

“Setiap ASN termasuk guru dalam melaksanakan tugasnya harus memiliki kualifikasi, kompetensi berupa keterampilan literasi digital yang baik dan kinerja  yang pada akhirnya terlihat hasil yang dikerjakan,” ungkapnya.

Kepada pengelola, Nizar platform Towards Digital Literacy dapat dioptimalkan fungsinya, sehingga layanan digital dapat dirasakan lebih maksimal.

Launching dilakukan pada Rapat Kerja Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah yang juga dihadiri Direktur Jenderal Pendidikan Islam  Ali Ramdhani, Ses. Ditjen Pendis Rohmat  Mulyana Sapdi, Direktur GTK Madrasah Muhammad Zain beserta jajarannya.

Sumber: pendis.kemenag.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Close Search Window