Profil

Guru Hebat Indonesia Bermartabat

Sejarah Pembentukan Direktorat GTK Madrasah

Pembentukan Direktorat

Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dibentuk pada akhir tahun 2010, berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) nomor 36 Tahun 2010 tentang organisasi dan Tata Kerja Kementeriaan Pendidikan Nasional. Pasal 214 Permendiknas Nomor 36 Tahun 2010 menyebutkan bahwa struktur organisasi Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, yakni salah satu direktorat jenderal yang dibentuk sesuai dengan peraturan tersebut, terdiri atas Sekretariat Direktorat Jenderal, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Pendidikan Dasar, dan Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar.
Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar, seperti dijelaskan dalam Pasal 296 Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 36 Tahun 2010, terdiri atas 4 subdirektorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sekolah Dasar, Subdirektorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sekolah Menengah Pertama, Subdirektorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan Khusus dan Layanan Khusus; 1 subbagian yakni subbagian Tata Usaha; serta kelompok jabatan fungsional.
Adapun Tugas dan Fungsi Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dijelaskan dalam Pasal 294 dan 295 Permendiknas Nomor 36 Tahun 2010, yang diperbaharui oleh Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sebelumnya, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar yang menaungi Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar merupakan Direktorat Jenderal yang dikelola bersama-sama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, dengan nama Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Ditjen Mandikdasmen). Ditjen Mandikdasmen dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 14 tahun 2005.
Pemisahan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah ini dilakukan agar Visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yakni “Terselenggaranya Layanan Prima Pendidikan Nasional untuk Membentuk Insan Indonesia Cerdas Komprehensif” dan 5 misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yakni Ketersediaan, Keterjangkauan, Kualitas, Kesetaraan, dan Kepastian Jaminan layanan pendidikan dapat dicapai.

VISI

“Meningkatkan Mutu dan Tata Kelola Guru dan Tenaga Kependidikan Berbasis Kebutuhan dan Kinerja untuk Menghasilkan Lulusan yang Berkarakter, Moderat, Berakhlakul Karimah dan Berdaya Saing”

Mewujudkan penguatan peran guru dan pendidik lainnya serta tenaga kependidikan sebagai pelaku pendidikan yang kuat.

Mewujudkan guru dan pendidik lainnya serta tenaga kependidikan yang mulia, profesional dan sejahtera untuk mewujudkan pembelajaran yang bermutu

Menciptakan masyarakat yang memiliki rasa kepeduliaan dalam dunia pendidikan.

Pejabat Direktorat GTK Madrasah

Prof. Dr. H. Suyitno, M.Ag

Prof. Dr. H. Suyitno, M.Ag

Direktur Dit. GTK Madrasah

HM. Sidik Sisdiyanto, S.Ag

HM. Sidik Sisdiyanto, S.Ag

Kepala Subbag TU Direktorat Bina GTK Madrasah

Dra. Hj. Siti Sakdiyah, M.Pd

Dra. Hj. Siti Sakdiyah, M.Pd

Kepala Sub Direktorat Bina GTK RA

Dra. Yeni Sulserawati, M.Pd

Dra. Yeni Sulserawati, M.Pd

Kepala Seksi Bina Guru RA

Dra. Miratul Maratik, M.Pd

Dra. Miratul Maratik, M.Pd

Kepala Seksi Bina Tenaga Kependidikan RA

Dr. Ainurrafiq, M.Ag

Dr. Ainurrafiq, M.Ag

Kepala Sub Direktorat Bina Guru dan Tenaga Kependidikan MI/MTs

Mustofa Fahmi, S.Pd, M.Ed

Mustofa Fahmi, S.Pd, M.Ed

Kepala Seksi Bina Guru MI/MTs

Sahrul Shobirin, SH, M.Ag

Sahrul Shobirin, SH, M.Ag

Kepala Seksi Bina Tenaga Kependidikan MI/MTs

Kastolan, S.Pd., M.Si

Kastolan, S.Pd., M.Si

Kepala Sub Direktorat Bina Guru dan Tenaga Kependidikan MA/MAK

Dra. Hj. Faizah, M.Pd

Dra. Hj. Faizah, M.Pd

Kepala Seksi Bina Guru MA/MAK

Rusdi, SH.I, M.Ag

Rusdi, SH.I, M.Ag

Kepala Seksi Bina Tenaga Kependidikan MA/MAK