GTK Madrasah : Towards Digital Literacy Adalah program dari Direktorat GTK Madrasah untuk mendorong peningkatan kapasitas kemampuan guru madrasah dalam beradaptasi dengan teknologi informasi.

Pemanfaatan Teknologi Informasi mutlak harus dilakukan oleh guru madrasah. Oleh karena itu, Direktorat GTK Madrasah mendorong Guru Madrasah mengoptimalkan perangkat digital yang telah dimiliki oleh guru mulai dari smartphone sampai perangkat layar touchscreen yang ada di dalam kelas.

Tahapan Guru Digital

1. Optimalkan Smartphone

Gunakan fitur dan Aplikasi di Smartphone, Guru dapat melakukan koneksi tanpa kabel [mirorring] ke perangkat kelas seperti LCD Projector atau TV.

Guru dapat mendownload aplikasi yang ada di smartphone untuk mendukung konten pembelajaran, seperti: google suite [google site, google earth, youtube 360⁰ dll], microsoft [microsoft 365, microsoft office dll], aplikasi aplikasi lain di playsore atau appstore seperti canva, augmented reality, dll.

2. Optimalkan Smart TV/Android TV

Gunakan fitur dan Aplikasi di Smart TV dan Android TV, Guru dapat melakukan koneksi tanpa kabel [mirorring] dari HP, Tablet, I-Pad dan Laptop].

Guru dapat mendownload aplikasi yang ada di smart TV dan Android TV seperti: Dapat menerima perintah suara, Terkoneksi Internet sehingga dapat membuka youtube dll secara online, Pada android TV dapat menginstall aplikasi pembelajaran. Perangkat yang dibutuhkan ; Smart TV/Android TV 75″, Smartphone, Tablet/Laptop, Webcam.

3. Optimalkan LCD Projector Dengan Panel Layar
    Sentuh

Gunakan LCD projector dengan Panel Layar Sentuh. Guru dapat mengajar secara interaktif dengan layar sentuh.

Guru dapat menggunakan aplikasi yang menjunjang pembelajaran seperti: Aplikasi augmented reality, Aplikasi Virtual Reality, Aplikasi e-learning madrasah, dll. Perangkat yang dibutuhkan ; LCD Projector, Speaker Aktif Bluetooth, PC/Laptop, Webcam, Panel Layar Sentuh 75″

Video Tutorial

1. Koneksi Tanpa Kabel (Mirroring)

Mirroring HP ke LCD

Mirroring Laptop ke LCD

Mirroring HP ke Laptop

Mirroring Pakai Aplikasi

2. Gunakan Aplikasi Untuk Pembelajaran

Augmented Reality

Buat Tugas Di Live Worksheets

Web Pembelajaran

Buat Kuis Di Quizizz

3. Tutorial Umum

Buat Desain Di Canva

Powerpoint Di HP

Template Aesthetic Untuk Powerpoint

Mangambil Teks Dari Gambar

Video Inspiratif

Madrasah Teacher Towards Digital Literacy

Guru Madrasah Dulu dan Kini

Guru Madrasah Harus Mau Berubah

Guru Madrasah dan Transformasi Digital

Kisah Sukses Guru & Tenaga Kependidikan Madrasah

Direktorat GTK Madrasah
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam
Kementerian Agama RI

Comments are closed.

Close Search Window